Wednesday, December 13, 2017

ESMB-COMP

30 CARA CHATTING BERUJUNG CLOSING


30 CARA CHATTING BERUJUNG CLOSING - HEADER

Jurus ampuh menghasilkan penjualan dengan teknik chatting ke konsumen. 30 cara berujung peningkatan closing-an, hanya modal chat.

Industri penjualan menggunakan media internet atau e-commerce saat ini mengalami perkembangan pesat mulai dari teknologi hingga cara bertransaksi.

Totalitas marketing. Marketing modern tidak hanya mengandalkan cara offline saja, tetapi juga digital marketing.

Digital marketing dapat menjadi sarana mendekati konsumen tanpa harus bertatap muka karena hampir semua pebisnis sangat mengandalkan WhatsApp, Line, Facebook, Instagram, Telegram, dan lain-lain untuk meningkatkan omzet penjualan. Pendekatan efektif.

Banyak teknik digital marketing yang dapat diaplikasikan, salah satu cara adalah chatting. Anda akan lebih dekat dengan konsumen secara personal.

Teknik chatting berperan sangat penting untuk menghasilkan transaksi, namun sayangnya sering dilupakan bahkan diabaikan.

Ketika Anda sudah menggunakan teknik digital marketing, sudah membuat sales funneling yang besar, prospek yang banyak, menggunakan Facebook Ads, promo kesana-kemari, namun tanpa menguasai teknik script chatting yang benar maka kegagalan selalu membayangi Anda.

Gagal menghasilkan transaksi karena cara chatting Anda salah. Sedihkah?

Bila Anda paham teknik script chatting atau script closing, kegagalan closing dapat diminimalkan.

Konsep script selling menjadi penting terutama ketika Anda ingin selalu menghasilkan transaksi (closing) dari chat.

Lalu bagaimana caranya?

30 CARA CHATTING BERUJUNG CLOSING

30 CARA CHATTING BERUJUNG CLOSING

Setidaknya ada 3 hal penting yang perlu Anda persiapkan:

  • Script closing
    Adalah susunan kata-kata yang dipersiapkan khusus untuk menjawab pertanyaan calon pembeli melalui chat
  • Teknik chatting
    Adalah kombinasi jurus closing yang diterapkan ketika ada percakapan chat antara penjual dan pembeli
  • Amunisi penjualan
    Adalah alat pendukung agar script closing dan teknik chatting dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan penjualan
Ketiga hal di atas adalah senjata wajib pebisnis online untuk meningkatkan transaksi (closing) melalui teknik chat, dan wajib Anda kuasai.

Langkah berikutnya adalah penggunaan beragam teknik script closing dalam chatting. Ada 30 cara yang dapat Anda gunakan dalam percakapan dengan konsumen yang berujung menbuahkan penjualan.

Berikut ini adalah 30 Cara Chatting Berujung Closing:

CARA 1: Limitasi Produk

Teknik ini diterapkan ketika percakapan sedang berlangsung dengan calon pembeli (buyer), informasikan sisa produk pada saat ini. Ini penting agar konsumen tidak menunda pembelian.

CARA 2: Indirect Chat

Konsepnya, Anda membuka percakapan tentang topik tertentu dan secara tidak langsung Anda memberi informasi produk yang kita jual.

CARA 3: Limitasi Promo

Teknik promo terbatas. Konteksnya dalam hal periode promo. Saat Anda menggunakan teknik ini, informasikan berapa yang telah membeli dan promo segera ditutup.

CARA 4: Harga Naik

Teknik sangat sederhana, konsepnya seperti reminding dengan menggunakan opsi kenaikan harga untuk mempercepat closing.

Contoh: "Mas/mBak, sebagai info, promo ini akan ditutup dalam 3 hari lagi, setelah itu harga kembali normal. Ingin beli di harga promo atau harga normal?"

CARA 5: Social Proof

Social proof adalah teknik selling untuk membuktikan bahwa produk Anda terbukti digunakan banyak orang.

Contoh: "Alhamdulillah sudah terjual lebih dari 1500 pcs Bu..."

CARA 6: Breakdown Bonus

Fakta, pembeli mengincar bukan hanya produk yang dijual melainkan juga bonus yang diberikan. Anda siapkan detail bonus agar terkesan banyak.

Ketika berlangsung percakapan, bisa Anda jabarkan detail bonus yang diberikan dengan tujuan lebih mendorong calon pembeli segera transfer.

CARA 7: Semakin-semakin

Teknik ini menggunakan hypnowriting, mengubah mindset pembaca chat dengan tujuan mendorong closing lebih cepat.

Contoh: "Makin cepat transfer, makin cepat proses pengiriman barangnya Mas/mBa..."

CARA 8: Diikutkan ke Undian

Konsep ini dilakukan sebagai salah satu amunisi untuk mendorong calon konsumen segera melakukan pembelian dengan mengikutkannya menjadi peserta program undian.

Contoh: "Jika Anda melakukan pembelian hari ini, Anda berhak mengikuti program undian berhadiah ..... (tentukan hadiahnya)".

CARA 9: Pilihan Ilusi (Yes)

Teknik ini mengunci calon konsumen dengan memberikan pilihan penawaran yang berujung pilihan pembelian. Anda perlu memberikan pilihan.

Contoh: "Pak/Ibu rencana jadi beli produk yang ini atau yang tadi?".

CARA 10: Informasikan Testimoni

Anda mempersiapkan beberapa testimoni (kesan) yang diperoleh dari pembeli sebelumnya. Sisipkan testimoni ketika percakapan sedang berlangsung.

Testimoni ini harus positif dan menarik tentunya, lebih baik lagi dengan capture chatting tujuannya agar terkesan nyata (tidak dibuat-buat).


BUKU 30 CARA CHATTING BERUJUNG CLOSING

30 CARA CHATTING BERUJUNG CLOSING

Jurus Ampuh Menghasilkan Closing dengan Teknik Chatting.
Deskripsi materi buku:

  • Pola closing dari jualan online dan offline
  • 30 Cara Chatting Berujung Closing
  • 9 amunisi agar mempercepat transaksi
  • Cara-cara agar tidak di PHP saat jualan
  • 5 ilmu wajib supaya pembeli segera pesan
  • Pola hypnoselling saat chatting
  • Tahapan chatting agar lebih dipercaya
  • 7 Contoh praktis agar chat kita agar dibaca
  • Cara Chatting agar di order lebih banyak
  • Penerapan Copywriting saat Chatting
  • Teknik Chatting yang jarang dipakai tapi cepat closing
Pengiriman bertahap mulai 15 Januari 2018

Miliki Sekarang Info Promo

CARA 11: Informasikan Visual Pengiriman

Teknik ini penting untuk meyakinkan calon pembeli. posting-lah proses pengiriman yang sedang dilakukan. Sangat powerfull karena calon konsumen menjadi lebih yakin untuk segera melakukan pembayaran.

CARA 12: Teknik Gimmick

Gimmick adalah sebuah nilai tambah (value added) supaya pembeli segera melakukan pembayaran. Penerapannya, ketika percakapan dengan calon pembeli sudah berlangsung sisipkan gimmick.

Misal jika Anda berjualan web, maka gimmick-nya adalah bimbingan hingga bisa. Inilah yang disebut dengan nilai tambah (value added).

CARA 13: Informasikan Keuntungan jika Beli Sekarang

Cukup sederhana, berikan kejutan. Ketika ada calon pembeli mulai berinteraksi untuk bertanya produk yang kita jual, Anda langsung dapat memberikan bonus di awal.

Contoh: "Selamat Pak Budi! Anda menjadi pembeli beruntung hari ini, Anda berhak mendapatkan bonus bla bla bla, jika melakukan pembayaran hari ini sebelum pk 18.00".

CARA 14: Gunakan Kata Mohon Maaf

Teknik ini menggunakan konsep jual mahal.

Contoh: "Mohon maaf, untuk produk ini hanya tersedia terbatas..."

CARA 15: Beri Bonus Langsung Diawal

Anda perlu mempersiapkan beberapa keuntungan jika buyer melakukan pembayaran hari ini. Penerapannya, ketika chatting berlangsung Anda menyisipkan list keuntungan jika melakukan pembelian hari ini.

CARA 16: Chat Alasan

Anda siapkan beberapa alasan (minimal 5, maksimal 7 poin alasan) mengapa harus membeli produk Anda sekarang. Poin-poin alasan harus semenarik mungkin sehingga mendorong orang untuk segera melakukan transaksi pembelian.

CARA 17: Bonus Tambahan jika Tranfer Hari Ini

Sederhana. Anda dapat mempercepat closing via chat, berikan bonus tambahan jika transfer hari ini.

Contoh: "Dapatkan bonus video/ebook jika melakukan transfer hari ini", "Free ongkos kirim bila transfer sebelum pk. 17.00 hari ini", dll.

CARA 18: Belum Ada Dana? Bisa DP Awal Dulu

Tujuan teknik ini untuk mengunci calon pembeli untuk tetap melakukan pembelian, meskipun ada hal-hal yang menjadi halangan seseorang belum bisa membeli produk Anda.

Misalnya tidak ada dana, cara menguncinya dengan memberikan pilihan pembayaran DP (down-payment). Pastikan Anda perlu menentukan tenggat waktu kapan konsumen melakukan pelunasan.

CARA 19: Jaminan Garansi

Jaminan garansi sangat penting untuk menghapus keraguan konsumen. Siapkan program garansi jika produk Anda tidak sesaui atau ada kerusakan, tujuannya mempercepat closing via chat.

Pastikan sebelum menerapkan teknik ini, produk yang Anda jual berkualitas baik.

CARA 20: Kualitas Visual Produk

Siapkan foto-foto produk, bahkan ketika proses pengiriman pun perlu. Poinnya adalah konsumen akan jauh lebih percaya karena foto visual terutama fisik barang.

Cara ini sangat penting terutama jika produk Anda dijual via online.

30 CARA CHATTING BERUJUNG CLOSING

CARA 21: Chat Ajakan Meeting

Teknik ini diterapkan untuk produk-produk yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut.

Misal produk keuangan, produk edukasi, produk software. Mengapa perlu meeting? Karena Anda dapat menjelaskan dengan lebih banyak dan meyakinkan calon konsumen. Meskipun pada awalnya dengan teknik chatting, usahakan ada follow up berujung meeting.

Lebih menarik lagi bila Anda mentraktir terlebih dulu, agar calon buyer mendapatkan kesan baik dari Anda.

CARA 22: Posting Pengguna Ber-authority

Teknik ini mirip endorsement. Anda perlu mencari orang terkenal, artis atau orang ber-authority yang menggunakan produk Anda, sehingga apa yang Anda jual dapat lebih meyakinkan.

Misalnya mem-posting foto orang sedang memakai produk Anda.

CARA 23: Teknik Pembuktian

Anda perlu menginformasikan beberapa hal seperti bukti nyata bahwa produk Anda berkhasiat. Misalnya produk pelangsing atau pemutih, maka tunjukkan foto hasilnya.

Mengapa chat pembuktian penting? Untuk meyakinkan calon pembeli! Titik.

CARA 24: Limitasi Bonus

Sangat sederhana. Anda dapat mempercepat closing via chat dengan menginformasikan keterbatasan bonus. Sebutkan kuota bonus yang tersisa, ini akan mendorong calon pembeli tidak menunda pembelian.

CARA 25: Teknik P.S dan P.P.S

Mirip teknik N.B di dalam surat. Teknik ini memberikan reminder dan penekanan penting sebuah informasi promo.

Contoh: "P.S: 100 pembeli pertama, berhak mendapatkan bla bla bla. Buruan jangan sampai keduluan orang".

CARA 26: Fast Response

Anda perlu menyiapkan sebuah standar sistem reply. Pada intinya membuat standar kecepatan respon Anda menjawab permintaan order. Semakin cepat, konsumen semakin puas dan semakin besar berpeluang terjadi closing.

CARA 27: Penggunaan Chat CTA

CTA (Call to Action). Teknik dengan menyebutkan kontak Anda untuk mendorong calon pembeli segera transfer.

Contoh chatting TANPA CTA: "Pemesanan hubungi: 0822xxx". Bedakan chatting dengan teknik CTA seperti ini: "Segera hubungi 0822xx khusus untuk 100 tercepat". CTA berperan penting mengurangi penundaan.

CARA 28: Chat Flash Sale

Flash sale adalah program promo dengan waktu singkat atau kuota produk sedikit.

Contoh: "Halo mbak, dapatkan diskon produk 60% khusus pembelian besok (hanya 1 hari)".

Saat menerapkan teknik ini, usahakan poster promo telah disiapkan untuk memberi kesan visual yang menarik.

CARA 29: Chat ke Hotmarket

Penerapan cara ini Anda perlu menyiapkan program edukasi ke market, terutama kolam prospek. Tujuannya mengubah market Anda dari cold menjadi hot market.

Ketika telah sharing edukasi secara rutin pada kolam prospek, maka market menjadi lebih dekat dekat dengan Anda. Potensi closing jauh lebih besar.

CARA 30: Value Added Chat

Value added chat berfokus pada pemberian nilai tambah produk/layanan ke calon pembeli. Tujuannya agar calon pembeli mendapatkan tambahan fasilitas sehingga memperbesar peluang closing.

Misalnya: layanan konsultasi gratis, cek up gratis, layanan analisa bisnis (jika bisnis coaching), layanan antar (ritel), free ongkir, bonus instalasi, dll.

30 CARA CHATTING BERUJUNG CLOSING

Materi di atas baru sebatas preview salah satu materi keren buku 30 CARA CHATTING BERUJUNG CLOSING.




CHAT LANGSUNG dari Smartphone:
(Tunggu beberapa saat)

Klik di SINI